Sreet Food Bundaran ITS Surabaya : Euphoria Ramadan a la Kampus Pahlawan

Mei 07, 2019

Aktivitas perkuliahan seperti tidak mengenal waktu istirahat termasuk pada jam-jam menuju waktu buka puasa. Disibukkan dengan tugas-tugas kuliah, anak kos seperti saya menjadi tidak terlalu peduli nanti buka puasa dimana, dengan siapa, dan sahur mau makan apa. Sudah empat kali Ramadan saya berpuasa di perantauan. Ramadan pertama saat menjadi mahasiswa baru jujur saya bingung mau makan dimana karena masih belum tahu tempat di sekitar kampus. Hingga salah seorang senior memberitahu saya tempat berkumpulnya makanan enak untuk sahur dan buka puasa.

“Jajan di bundaran saja, banyak pilihan.”

Walhasil saya tidak jadi kesana karena hari itu juga saya harus pulang ke kampung halaman karena urusan saya di Surabaya sudah selesai pada semester 2. Beranjak ke Ramadhan kedua, ketiga, dan keempat saya mulai mengenal tempat yang dimaksud oleh senior saya.

Street Food Bundaran ITS

 Pict by Kafiyatul Fithri

Lokasinya cukup jauh dari Elektro karena bertempat di depan ITS tepatnya di sekitar bundaran ITS (yang ada air mancurnya). Ada banyak tempat untuk parkir dan terjaga (Rp 2000,- untuk ongkos parkir). Ada banyak sekali pilihan makanan berat dan ringan dijual disini. Mulai dari aneka es seperti es manado, es blewah, es degan dan degan susu (ini favorit saya), makanan untuk berbuka misalnya nasi ayam geprek, sayur sup, sayur lodeh, sayur asem, sampai jajanan pasar seperti gorengan, es dawet, bubur sumsum, es ketan, es tape, dan masih banyak lagi yang lainnya. Harga yang ditawarkan sesuai dengan kantong mahasiswa. Tapi biasanya sampai khilaf melebihi budget harian karena saking banyaknya jajan disini. Para penjual sudah mulai bersiap-siap dari pukul setengah tiga siang, namun biasanya para pembeli mulai menyerbu lokasi pada pukul 4 sore sampe menjelang sholat tarawih.


 
Pict by Kafiyatul Fithri

Bingung cari tempat makan?

Tenang saja. Setelah asik berbelanja makanan, kalian bisa menunggu adzan maghrib alias ngabuburit di depan bundaran ITS tepatnya di tulisan INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER. Harus cepet-cepet cari tempat karena bakalan ramai pengunjung yang akan berbuka disana juga. Kalau lagi hoki, air mancur bundaran yang sedang menari bisa jadi pemandangan yang indah buat jadi teman menyantap hidangan berbuka.
Makanan yang dijual disini juga awet sampai sahur. So, buat kalian para mahasiswa ITS dan sekitarnya yang mager banget buat muter-muter cari makanan, tempat ini jadi solusinya. Highly Recommended.

Sampai jumpa di bundaran ITS, kawan-kawan.

You Might Also Like

2 comments

  1. Dulu waktu masih kuliah pernah mampir ke sini pas ramadhan dan rame banget. Dibela-belain dari kampus B unair ke sini cuma buat cari jajan. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah selamat datang di ITS mbak, hehe. Kalo pas nggak puasa ada pasar jumat di depan jurusan arsi.

      Hapus