Seminar Proposal : Tips & Tricks

Januari 19, 2019

Seminar Proposal (Sempro) merupakan salah satu tahap penting dalam menyelesaikan sebuah Tugas Akhir (TA) atau lebih dikenal dengan nama skripsi.
Akhir-akhir ini (bulan November, Desember, Januari) aku melihat banyak sekali teman-teman yang memasang sebuah story yang menyatakan dirinya sedang menjalani seminar proposal dan sidang akhir.
Tak terkecuali aku sendiri.
Di jurusanku, seminar proposal dilaksanakan 2 kali. Yang pertama ialah seminar pra proposal dan yang kedua ialah seminar proposal. Alhamdulillah aku sudah melewati dua tahap ini. Saat ini aku tengah bersiap menuju tahap berikutnya yaitu seminar progres dan yang terakhir ialah sidang akhir. Jadi ada empat tahap yang harus dilewati sebelum menjalani yudisium dan wisuda.

Well, disini aku bakal sedikit membagi beberapa tips perihal seminar proposal karena banyak juga temen-temen yang nanyain tips begini lewat WhatsApp.

Pastikan sudah bimbingan minimal 4 kali
Bagi sebagian mahasiswa mungkin ini terlalu banyak atau malah ada yang bilang terlalu sedikit. Oke, it's fine.
Bimbingan proposal ini berguna banget untuk mendalami metodologi yang bakal kamu gunain di Tugas Akhir nanti. Setidaknya kamu tahu apa yang akan kamu lakukan dan bisa menjawab pertanyaan dosen penguji dengan lancar. InshaAllah.

Yakin dengan judul proposal
Agar tidak kewalahan nantinya, pastikan dari awal sudah yakin dengan judul yang diambil. Ada beberapa case dimana judul TA harus diganti H-1 minggu sebelum seminar proposal dilaksanakan. Bikin latar belakang lagi, tujuan, manfaat, metodologi, dan kawan-kawannya.

Dilarang gengsi
Ini yang paling menakutkan. Banyak mahasiswa gengsi ketika menentukan judul proposal mereka.

Harus judul yang waaahh biar terlihat keren.
Gamau topik ini maunya yang ini kayanya keren.
Milih dosen ini pasti aman.
Kalau bikin ini pasti selamet.

🚫 semua ini tergantung batas kemampuan kamu dimana. Jangan mengutamakan gengsi jika pengen beraksi. Perbanyak belajar dan minta bimbingan biar ngerti.

PPT simple dan mudah dimengerti
Bikin PPT sederhana saja, jangan semua tulisan di proposal tumplek blek masuk slide PPT. Namanya Power Point pastinya hanya poin-poinnya saja yang masuk.
Perhatikan outline PPT. Biasanya sama dengan bab-bab di proposal. Namun ada beberapa jurusan yang menentukan isi PPT dengan outline tertentu.

Buat naskah presentasi
Agak aneh sih ya, ngapain juga bikin naskah.
Jadi kemarin sehari sebelum aku sempro, aku bikin naskah buat aku ngomong di depan saat presentasi. Yap, hafalan tapi gak semua dihafalin karena udah paham alur TA nya mau dibawa kemana. Menurutku ini manjur buat kamu-kamu yang suka ngeblank dan kehabisan kata-kata.

Siapkan semua referensi dan data pendukung
Namanya juga tahap proposal pasti harus meyakinkan dong kebutuhan TA ini nanti seperti apa. Perlu disiapkan data-data pendukung biar dosen penguji yakin TA ini layak diteruskan untuk digarap menjadi sebuah tugas akhir.

Berdoa sebelum masuk ruangan
Grogi boleh, berdoa jangan pernah berhenti. Bayangkan nanti setelah kamu seminar kamu bisa sedikit lega telah merampungkan 2 sks nan menggemaskan ini.

Pakai bahasa formal
Banyak-banyakin belajar ngomong ya selama kuliah. Bahasa formal itu nggak susah selama rutin dipraktekan. Nggak usah malu buat ngomong pakai Bahasa Indonesia formal di keseharianmu, bakal membantu kamu untuk siap presentasi dimanapun dan kapanpun.

Ucapkan terimakasih setelah dosen penguji memberikan saran
Ini nanti sebaiknya ambil data disini dan disini ya minimal 2 fitur, blablala...

Baik pak/bu terimakasih atas sarannya.

Kurang lebih seperti itu. Saling menghargai pendapat.

Minum susu atau air putih setelah presentasi
Buat kamu yang suka tremor setelah melakukan aksi di depan umum (ngomongin diri sendiri) siapin air minum setelah presentasi. Tujuannya? Biar gak geter-geter lagi tangannya.

 😘

Kiranya seperti itu tips and tricks seminar proposal dari aku, semoga bermanfaat bagi kamu yang sengaja maupun tak sengaja mampir ke postingan ini. Hiyayy 😁

Happy semprotulation
Selalu percaya bahwa kesuksesan itu ada jika kamu berusaha 🎓

Computer Engineering ITS 2015

You Might Also Like

2 comments